Amerika Pilah-pilih Senjata yang Mau Dikirim ke Ukraina

  • 20 Mei 2022 10:04:18
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Media asal Amerika Serikat Politico, pada Rabu, 18 Mei 2022, mewartakan sejumlah pejabat di Ukraina mulai frustrasi karena Amerika Serikat dianggap gagal mensuplai ke Kiev sistem peluncur roket jarak jauh buatan Amerika. 

 

Politico menulis kabar ini berdasarkan sumber resmi, yang tidak di publilasi namun sangat faham dengan permasalahan ini. Dalam pemberitaan itu ditulis, Kiev sejak berbulan-bulan lalu telah meminta agar Multiple Launch Rocket System (MLRS) buatan Amerika Serikat dikirim, namun Gedung Putih tampaknya masih ragu untuk mengirimkannya karena khawatir itu bisa disalah tafsirkan oleh Kremlin sebagai eskalasi lebih lanjut.  

 

 

Presiden AS Joe Biden mengumumkan tambahan 800 juta dollar AS dalam bantuan militer ke Ukraina, memperluas bantuan untuk memasukkan artileri berat menjelang serangan Rusia yang lebih luas. Sejauh ini, empat penerbangan senjata telah dikirim oleh Amerika Serikat sebagai bagian dari paket baru. Foto : Twitter

 

Seorang staf di Kongres Amerika yang faham dengan permasalahan ini, mengatakan pada Politico bahwa momentum untuk membicarakan hal ini tampaknya sudah mulai dingin. Hasilnya, Kiev mulai semakin frustrasi. 

 

 

Sedangkan sumber di kepresidenan Amerika Serikat mengatakan pada Politico hal yang sebaliknya. Sumber itu menyebut kalau Washington dan Kiev aktif berdialog soal MLRS. Hanya saja, memang tidak semua senjata yang diminta Ukraina bisa dikirim dengan cepat. 

 

 

Sumber yang tidak dapat dipublikasi identitasnya itu menjelaskan Gedung Putih harus membuat sejumlah keputusan untuk dapat memberikan sistem senjata yang bisa membawa keuntungan lebih besar. Dengan pemikiran seperti ini, pemerintahan Biden dilaporkan harus membuat keputusan yang lebih efektif dan efisien untuk mengirimkan 90 M777, dibanding MLRS terkait jumlah uang yang dialokasikan. 

 

 

Politico juga menuliskan Washington telah berhenti memberikan pada Kiev sistem artileri jarak jauh dan kekuatan destruktif yang lebih besar, yang memungkinkan militer Ukraina menghantam targetnya di wilayah Rusia. Menurut artikel di Politico, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memasukkan dalam daftar senjata-senjata yang paling dibutuhkan negaranya, di antaranya M142 HIMARS dan sistem peluncur roket M270 MLRS. 

 

 

 

 

Sumber : RT.com

 

 

 

 


https://dunia.tempo.co/read/1593239/amerika-pilah-pilih-senjata-yang-mau-dikirim-ke-ukraina

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1593239/amerika-pilah-pilih-senjata-yang-mau-dikirim-ke-ukraina
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joe Biden,
companies Reuters, Twitter,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Washington,