Awas, AC Kotor Bisa Sebabkan Penyakit Legionellosis

  • 20 Mei 2022 09:57:03
  • Views: 5

KOMPAS.com - Tahukah Anda, kebiasaan malas membersihkan alat pendingin udara atau AC bisa menyebabkan penyakit legionellosis?

Seperti diketahui, demi menjaga kebersihan dan kesehatan, alat pendingin udara atau AC sebaiknya rutin dibersihkan paling lama tiga bulan sekali.

Dalam kondisi pemakaian AC yang lebih intens dibandingkan biasanya, seperti saat cuaca cenderung panas, AC perlu dibersihkan lebih sering, setidaknya sebulan sekali.

Baca juga: Tidur dengan Kipas Angin Menyala, Bagaimana Baiknya?

Dilansir dari Kompas.com (02/02/2011), penyakit legionellosis pernah dilaporkan menyerang pegawai dinas kesehatan Kota Pontiac, Michigan, AS, pada 1978 silam.

Penyebab penyakit ini berasal dari paparan bakteri legionella yang mengontaminasi alat pendingin udara gedung setempat.

Kasus serupa juga pernah dirasakan 371 pekerja industri perakitan mobil AS, pada 1984. Selain di AS, di Skotlandia juga pernah ada laporan infeksi bakteri legionella.

Perlu diketahui, bakteri penyebab penyebab legionellosis paling senang berada di tempat penampungan air yang kondisinya hangat dan lembap. Suhu ideal untuk bakteri ini tumbuh dan berbiak antara 35—45 derajat Celsius.

Bakteri legionella dapat berkembang biak di salah satu bagian perangkat AC, yakni mesin blower. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan AC dengan seksama, jangan hanya filternya saja.

Selain AC, perangkat yang juga rawan menjadi tempat berbiak bakteri ini apabila jarang dibersihkan adalah humidifier atau alat pelembap udara.

Bakteri ini juga bisa hidup di sumber air alami dan tempat penampungan air; termasuk waduk, sungai, danau, air mancur, atau saluran air minum.

Baca juga: 8 Gejala Radang Paru-paru yang Pantang Disepelekan


https://health.kompas.com/read/2022/05/19/200100268/awas-ac-kotor-bisa-sebabkan-penyakit-legionellosis
 

Sumber: https://health.kompas.com/read/2022/05/19/200100268/awas-ac-kotor-bisa-sebabkan-penyakit-legionellosis
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Dinkes,
cities Biak, Michigan,