Menag Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji di Arab Saudi: Siap dan Sesuai Standar

  • 20 Mei 2022 09:27:38
  • Views: 19

Merdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan akomodasi, konsumsi, dan transportasi yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia. Yaqut memastikan kualitas layanan, sarana, dan prasarana tersedia di hotel, termasuk mengemudikan salah satu bus antarkota yang akan menjadi sarana transportasi jemaah.

Yaqut meninjau dua hotel. Pertama Hotel Al Khulafaa-3 yang berada di daerah Syisyah dengan kapasitas 800 jemaah. Kedua, Hotel Tharawat Al-Rawda di daerah Raudhah 1 dengan kapasitas 499 jemaah.

taboola

“Hari ini saya meninjau hotel yang akan digunakan jemaah saat di Makkah. Saya pastikan kapasitas hotel memadai dan fasilitasnya sesuai standar kontrak. Saya lihat hotelnya bagus, ujar Menag di Makkah dikutip dalam keterangan pers, Jumat (20/5).

“Saya coba lift hotel, memastikan berfungsi dengan baik, meski dalam dua tahun jarang dipakai. Kamar mandi, mesin cuci, dan ketersediaan air minum di setiap lantai juga dicek, termasuk fasilitas tempat salat dan tempat makan, sambungnya.

Kepada pihak hotel, Yaqut meminta menjaga kebersihan serta memperhatikan keamanan dan kenyamanan jemaah haji. Apalagi, durasi jemaah haji tinggal pada hotel di Mekkah cukup lama sampai 25 hari.

menag

©2022 Merdeka.com

Selain hotel, dia meninjau layanan transportasi di Terminal Ajyad. Lokasi terminal ini melayani rute Misfalah - Jiyad. Di sana, dia mengecek kesiapan bus antar kota dan bus shalawat.

“Saya tadi sempat juga mencoba mengemudikan salah satu bus antar kota. Busnya memang masih sangat bagus. Rata-rata keluaran baru, umur pembuatan kurang dari lima tahun dan tampak terawat dengan baik, lanjutnya.

Yaqut juga meminta penyedia layanan transportasi agar memperhatikan AC kendaraan. Hal itu dilakukan agar suhu di dalam mobil terasa dingin sehingga jemaah tidak kepanasan.

Mengingat musim haji diperkirakan bersamaan dengan musim panas, bebernya.

2 dari 2 halaman

Terakhir, dia meninjau kesiapan layanan katering. Dia mendatangi Dapur Al Jauhara di wilayah Makkah. Gus Menteri, panggilan akrabnya, fokus memastikan kapasitas dapur, sanitasi, sarana memasak yang digunakan, serta proses penyimpanan bahan makanan.

menag

©2022 Merdeka.com

“Saya menekankan kepada penyedia layanan katering agar menu dan cita rasa makanan jemaah Indonesia memiliki cita rasa nusantara. Pihak katering juga harus memastikan distribusi makanan tepat waktu, tidak terlambat, jelasnya.

“Alhamdulillah, secara umum sudah siap dan sesuai dengan standar yang diharapkan. Kami akan terus berusaha untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia, katanya. [ray]

Baca juga:
Asrama Haji Donohudan Tampung 15.305 Jemaah dari Jateng, Berangkat Awal Juni
Menko PMK: 17 Ribu Calon Haji Indonesia Alami Masalah Administrasi
Menag: Kontrak Layanan Jemaah Haji di Arab Saudi Hampir Selesai
Tak Bisa Berangkat Bersama Keluarga, Puluhan Calon Jemaah Haji di Tasikmalaya Mundur


https://www.merdeka.com/peristiwa/menag-cek-kesiapan-layanan-jemaah-haji-di-arab-saudi-siap-dan-sesuai-standar.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/menag-cek-kesiapan-layanan-jemaah-haji-di-arab-saudi-siap-dan-sesuai-standar.html
Tokoh







Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, Muhadjir Effendy, Yaqut Cholil Qoumas,
ministries Kemenag,
topics haji,
products mesin cuci,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Tasikmalaya,