Kota Balikpapan Terancam Kekurangan Stok Sapi Kurban Imbas PMK

  • 20 Mei 2022 08:10:54
  • Views: 21

Balikpapan: Balikpapan terancam kekurangan hewan kurban untuk Iduladha 1443 Hijriah mendatang. Kebutuhan hewan kurban setiap tahunnya rata-rata 2.000 ekor sementara saat ini para peternak penggemukan sapi di Kota Minyak itu hanya punya stok 1.100 ekor.
 
Kekurangan ini disebabkan terutama larangan mendatangkan hewan kurban dari daerah lain karena penyakit mulut dan kuku (PMK), untuk mencegah penyakit tersebut menyebar di Balikpapan dan sekitarnya.
 
“Dari daerah penghasil juga ada larangan untuk mengirimkan sapi ke daerah lain, kata Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan Heria Prisni, di Balikpapan, Kamis, 19 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak ada pasokan dari Aceh hingga Jawa Timur, juga Sulawesi. Pasokan sapi dari Balikpapan sendiri biasa datang dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, juga Sulawesi Selatan. Karena itu ia berharap PMK bisa segera diatasi sehingga pasokan bisa kembali lancar.
 
Baca: 4 Sapi di Solok Selatan Suspek Penyakit Mulut dan Kuku
 
Di Balikpapan sendiri, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan sudah memeriksa semua sapi yang ada. Petugas mengambil sampel darah dan air liur untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium. Sementara itu, secara visual atau penampakan, sapi di Balikpapan cukup sehat.
 
Bila tidak ada wabah PMK, pasar hewan kurban di Balikpapan biasanya mulai ramai setidaknya sebulan sebelum Hari Raya Iduladha.
 
Para pedagang memanfaatkan sejumlah lahan kosong yang tersebar di Kota Minyak untuk membuat kandang sementara bagi sapi dan kambing dagangannya. Sebagian dari pedagang tersebut datang jauh dari Sulawesi Selatan atau Sulawesi Tengah. Sebagian dari hewan-hewan tersebut berasal dari peternakannya sendiri.
 

(WHS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/xkEZlg5K-kota-balikpapan-terancam-kekurangan-stok-sapi-kurban-imbas-pmk

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/xkEZlg5K-kota-balikpapan-terancam-kekurangan-stok-sapi-kurban-imbas-pmk
Tokoh

Graph