Naik Tiga Kali Lipat Selama Pandemi, Menteri Basuki Waspadai Krisis Air Bersih

  • 20 Mei 2022 08:08:50
  • Views: 18

IDXChannel - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, konsumsi air bersih masyarakat meningkat tiga kali lipat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Hal tersebut tak lepas dari kampanye pola hidup baru dengan minimal mencuci tangan setiap saat agar tidak tertular virus.

Basuki mengatakan, peningkatan itu terdeteksi dalam hasil studi Indonesia Water Institut. Atas alasan itu, maka penguatan kerja sama bidang air bersih dan sanitasi, khususnya dalam menghadapi tantangan baru pasca krisis Pandemi Covid-19.

Kami telah belajar untuk memperkuat sistem kami dalam penanganan krisis seperti Pandemi Covid-19. Kami mengutamakan pekerjaan umum dalam sistem pasokan air seperti membangun embung/bendungan kecil untuk menyediakan air dan mengelola air tanah dengan baik, ujar Basuki pada keterangan tertulisnya, Kamis (19/5/2022).

Basuki menambahkan pemerintah juga meningkatkan komitmen politik serta investasi untuk mempercepat peningkatan di sektor air bersih, sanitasi dan kesehatan, serta mengurangi tingkat stunting di Indonesia. 

Selanjutnya memperluas kerja sama dan memobilisasi pembiayaan alternatif untuk peningkatan sektor air bersih, sanitasi dan kesehatan. Terakhir, pengembangan infrastruktur air bersih, sanitasi dan kesehatan yang memiliki daya tahan terhadap perubahan iklim. 

Pemerintah Indonesia melalui Menteri PUPR mengajak para Menteri Negara peserta Sector Ministers’ Meeting (SMM) 2022 untuk terus menguatkan kerja sama bidang air bersih dan sanitasi, khususnya dalam menghadapi tantangan baru pasca krisis Pandemi Covid-19. 

Saya yakin acara SMM-SWA 2022 akan bermanfaat bagi kita semua dan semoga pertemuan ini dapat ditindaklanjuti dengan meningkatkan kerjasama antar negara dan lembaga dalam upaya bersama untuk mencapai akses universal terhadap kebersihan air dan sanitasi, pungkas Basuki. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/naik-tiga-kali-lipat-selama-pandemi-menteri-basuki-waspadai-krisis-air-bersih

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/naik-tiga-kali-lipat-selama-pandemi-menteri-basuki-waspadai-krisis-air-bersih
Tokoh



Graph

Extracted

persons Basuki Hadimuljono,
companies MNC,
ministries kemenpupr,
nations Indonesia,
cases covid-19, stunting,