Universitas Wiraraja Sumenep Launching Rumah ‘Restorative Justice’

  • 20 Mei 2022 05:15:00
  • Views: 15

Universitas Wiraraja Sumenep Launching Rumah ‘Restorative Justice’

Sumenep (beritajatim.com) – Salah satu alternatif penyelesaikan perkara di luar persidangan adalah melalui upaya damai dengan kesepakatan-kesepakatan atau ‘Restorative Justice’.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sebagai teroboson mempermudah pelaksanaan ‘Restorative Justice’, pada Kamis (19/05/2022), dilakukan launching rumah ‘Restorative Justice’ di Universitas Wiraraja Sumenep.

“Pendirian rumah Restorative Justice diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat, bahwa tidak semua perkara.harus dilanjutkan ke penuntutan. Kita bisa selesaikan dengan proses perdamaian dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kedua belah pihak, baik tersangka, korban, dan keluarga, kata Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP Fared Yusuf usai menghadiri peresmian Rumah Restorative Justice.

Ia menilai, pendirian rumah ‘Restorative Justice’ juga menjadi terobosan yang tepat, karena akan menjadi sarana penyelesaian perkara di luar persidangan. Selain itu juga sebagai solusi alternatif memecahkan permasalahan penegakan hukum tertentu.

“Rumah Restorative Justice diharapkan menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman secara komprehensif tentang manfaat dari penyelesaian tindak pidana melalui konsep Restorative Justice, terang Fared.

width=900
Launching Rumah Restorative Justice di Unija Sumenep (foto : Temmy)

Selain itu, dengan konsep Restorative Justice juga diharapkan mampu mewujudkan penegakan hukum yang merata dan dapat menyentuh berbagai kalangan masyarakat.

“Menghadirkan keadilan subtantif pada masyarakat adalah kewajiban, tugas, dan tanggungjawab kita. Sedangkan menghadirkan Restorative Justice di tengah masyarakat adalah cara kita mewujudkan keadilan subtantif yang diharapkan oleh masyarakat, ucapnya. (tem/ted)


https://beritajatim.com/hukum-kriminal/universitas-wiraraja-sumenep-launching-rumah-restorative-justice/

Sumber: https://beritajatim.com/hukum-kriminal/universitas-wiraraja-sumenep-launching-rumah-restorative-justice/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
cities Sumenep,