Bank Negara Indonesia Melantai di Belanda

  • 20 Mei 2022 04:31:56
  • Views: 9

KBRN, Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah membuka cabang di Amsterdam, Belanda. 

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kehadiran BNI di Amsterdam dapat meningkatkan hubungan bisnis antara Indonesia dengan Belanda, maupun dengan negara lain di kawasan Eropa.

Mewakili Kementerian BUMN, kami menyampaikan apresiasi kepada BNI yang proaktif mengembangkan jaringan bisnisnya di luar negeri. Diresmikannya Kantor Perwakilan BNI Amsterdam ini menambah daftar BUMN Indonesia yang go global, kata Kartika, Kamis (19/5/2022).

Dia juga mengatakan, Indonesia dan Uni Eropa tetap berkomitmen kuat dalam mendorong kerja sama ekonomi antar negara.

Khususnya, kata dia, di tengah tantangan pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 dan dampak dari situasi geopolitik di Eropa saat ini akibat perang Rusia-Ukraina.

Perdagangan Indonesia-Uni Eropa terus meningkat dalam setahun terakhir. Neraca dagang Indonesia terhadap Eropa tercatat surplus hingga 9 miliar Euro atau sekitar Rp159 triliun, ungkap dia.

Bahkan, kata dia, nilai ekspor Indonesia ke Uni Eropa telah melonjak 26 persen.

(Ekspor Indonesia, red) hingga mencapai 16,5 miliar Euro pada tahun 2021, ujar dia.

Di samping itu, negosiasi kesepakatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa bernama IEU CEPA telah dilaksanakan dan mencapai beberapa kesepakatan.

Antara lain adalah perdagangan barang dan jasa, perdagangan dan pengembangan berkelanjutan, kerja sama ekonomi, serta peningkatan kapasitas dan investasi, kata dia.

Kami sepenuhnya yakin bahwa keberadaan Kantor BNI di Eropa ini akan menjadi katalis untuk peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dengan Uni Eropa serta dapat mendorong investasi ke Indonesia dari Uni Eropa lebih besar lagi, kata Kartika.

Sementara, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan perusahaan hadir di Amsterdam untuk menyasar pasar di wilayah Eropa pasca Brexit.

Royke menyatakan, volume transaksi perdagangan ekspor dan impor Belanda dengan Indonesia cukup besar. Begitu juga investasi Belanda ke Indonesia yang terus meningkat.

Kami berharap Amsterdam dapat menjadi salah satu daerah operasional yang strategis ke depannya sehingga dapat meningkatkan peran kami BNI sebagai global bank Indonesia yang aktif mendorong investasi langsung ke tanah air sambil meningkatkan berbagai potensi ekonomi diaspora-diaspora di luar negeri, kata Royke.


https://rri.co.id/ekonomi/1460824/bank-negara-indonesia-melantai-di-belanda?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1460824/bank-negara-indonesia-melantai-di-belanda?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Kartika Wirjoatmodjo, Royke Tumilaar,
ministries BI, Kementerian BUMN,
bumns BNI,
topics ekspor,
nations Belanda, Indonesia, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,
cities Amsterdam,
cases covid-19,