Goa Garunggang Wisata Mirip Green Canyon di Sentul Bogor, Penyuka Wisata Trekking Wajib ke Sini!

  • 08 Mei 2024 08:13:39
  • Views: 3

AYOBOGOR.COM - Goa garunggang tempat wisata yang katanya mirip Green Canyon di Sentul Bogor. Bagi para penyuka wisata trekking wajib datang ke sini!

Satu lagi wisata alam yang menarik perhatian pengunjung ada di kawasan Bogor Jawa Barat. Bagi yang merasa bosan melakukan wisata di tengah kota seperti ke mall dan ingin menikmati suasana alam yang indah bisa berkunjung kesini.

Nama tempat wisata alam yang sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial ini adalah Goa Garunggang. Letaknya ada di Jalan Ptp Terusan Karang Tengah Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Bansos PKH dan Sembako Cair di 4 Wilayah Ini! Nominalnya Tembus Hingga Rp825 Ribu, Cek Sekarang Wilayah Mana Saja yang Termasuk

Untuk bisa menjangkau goa ini bisa ditempuh dengan trekking dari tempat wisata Hutan Hujan sentul Bogor. Disebut mirip Green Canyon karena batu-batu tebing goa ini mirip dengan tebing batu yang ada di sana.

Susunan batu-batuannya pun rapih yang menjadi daya tarik para wisatawan dan membuat penasaran akan asal-usulnya. Menurut pemandu dan pengelola Goa Garunggang sampai saat ini belum ada peneliti yang mencoba mencari tahu awal terbentuknya gua ini.

Sehingga masih belum diketahui secara detail bagaimana goa ini terbentuk. Menurut informasi yang beredar terbentuknya goa Garunggang terjadi secara alami.

Goa Garunggang pertama kali ditemukan oleh para petani pada tahun 1983 sampai 1984. Petani-petani ini menyusuri jejak Landak lalu menemukan gua ini yang masih tertutup tanaman-tanaman hutan.

Baca Juga: Update Bansos PKH, BPNT dan BLT MRP via SIKS-NG

Awalnya kawasan tersebut dibuka untuk tujuan pertanian dan hendak dijadikan kebun. Namun ternyata ada sebuah goa dan ketika jalurnya ditelusuri bisa menembus ke berbagai tempat.

Para petani yang menemukan tempat ini kaget dengan adanya bebatuan yang menjulang tinggi dan tersusun rapi. Kemudian tersiar kabar akan goa ini dari satu orang ke orang lainnya.

Usaha awal dalam menggali goa Garunggang tidaklah mudah, menemukan banyak Kendala dan sempat gagal. Sempat tertunda lama untuk proses penggaliannya hingga pada tahun 2018 dimulai kembali.

Kemudian setelah proses penggalian yang memakan waktu kurang lebih dua tahun. Goa Garunggang dapat terlihat jelas bentuknya dan bisa dikunjungi para wisatawan baik lokal atau asing.

Baca Juga: Apakah Benar Bansos Alokasi Bulan Mei Juni Sudah Cair? Inilah Faktanya Setelah di Cek Melalui Aplikasi SIKS-NG

Tiket masuk ke gua ini adalah Rp 20 ribu per orang dan pengunjung sudah bisa berkeliling goa atau mengambil gambar. Untuk saat ini baru ada dua jalur yang bisa ditelusuri pengunjung.

Namun jalur yang aman bagi pengunjung hanya satu jalur berjarak sekitar 30-40 meter. Jalur ini pun tidak tembus, pengunjung harus kembali lagi jika sudah selesai.

Untuk jalur satunya membutuhkan keahlian dan peralatan khusus jika ingin menelusurinya. Waktu tempuhnya pun cukup lama antara 3 sampai 5 jam hingga dan resiko kehabisan oksigen.

Potensi akan wisata gua Burangrang sebenarnya sangat bagus jika dikelola dengan baik. Namun masalah dana menjadi persoalan utama dimana saat ini hanya mengandalkan dari warga lokal.

Semoga pemerintah dan para peneliti tergerak untuk ikut mengembangkan wisata goa ini. Sehingga ekonomi warga sekitar pun dapat terdongkrak jika wisata ini berkembang pesat.***


Sumber: https://www.ayobogor.com/berita-bogor/3112611309/goa-garunggang-wisata-mirip-green-canyon-di-sentul-bogor-penyuka-wisata-trekking-wajib-ke-sini?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana,
topics Bantuan Sosial,
products BLT, sembako,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN BARAT,
cities Bogor,