Rekomendasi 7 Tempat Wisata Religi Yang Wajib Kalian Kunjungi di Bogor, Nomor 7 Tidak Boleh Dilewatkan

  • 08 Mei 2024 07:12:53
  • Views: 9

AYOBOGOR.COM - Saat Kalian sedang berkunjung di luar kota, pastinya kalian tidak boleh melewati untuk berjalan-jalan ria bersama keluarga terkasih.

Apalagi jika tempat yang kalian datangi ada di kota Bogor, kota hujan yang menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata yang unik dan keren.

Dilansir dari kanal YouTube BansosPedia di hari Selasa 7 Mei 2024, bahwa terdapat 7 tempat wisata religi yang wajib banget kalian kunjungi saat ke Bogor, sebagai berikut:

Baca Juga: Bansos PKH dan Sembako Cair di 4 Wilayah Ini! Nominalnya Tembus Hingga Rp825 Ribu, Cek Sekarang Wilayah Mana Saja yang Termasuk

1. Musala di Wihara Pan Kho Bio

Klenteng ini didirikan pada tahun 1703 yang terletak di Pulo Geulis, tepatnya di sebuah pulau kecik di tengah sungai Ciliwung. Tempat ini cukup unik karena memiliki musala di belakang altarnya.

Letaknya berada di ruangan yang berisi beberapa petilasan leluhur keluarga dari kerajaan Padjajaran, tempat tersebut digunakan sebagai tempat salat untuk para peziarah yang datang.

Sebab di bagian belakang kelenteng terdapat ruangan memanjang dengan dua batu besar petilasan Embah Sakee dan Eyang Jayaningrat yang merupakan tokoh terkemuka yang menyebarkan agama islam pada masa itu.

Baca Juga: Update Bansos PKH, BPNT dan BLT MRP via SIKS-NG

2. Masjid Agung Kota Bogor

Tempat ini berlokasi di kawasan pasar Anyar, tepatnya berada di jalan Dewi Sartika nomor 1a Bogor sudah selesai di renovasi di bulan Maret 2024 kemarin.

Sebab letaknya yang berdampingan dengan alun-alun dan stasiun Bogor, diharapkan masjid ini selain untuk tempat ibadah juga bisa dijadikan sebagai pusat pemberdayaan umat secara ekonomi, pusat kegiatan sosial dan pusat peradaban.

3. Masjid Al-Mustofa

Tempat ini berada di jalan Ciremai ujung Bogor Utara, dan dikatakan tertua di kota Bogor karena didirikan pada tahun 1728.

Desain pembangunan masjid ini memadukan gaya dari daerah Cirebon dan banten, karena di sana terdapat dua tokoh penyebar agama islam pada saat itu, yaitu Tubagus H Mustofa Bakri yang berasal dari Banten, dan Raden Dita Manggala yang berasal dari Cirebon.

Di sini juga terdapat beberapa barang peninggalan sejarah, yaitu Al-qur'an dan naskah khotbah salat Jum'at yang ditulis tangan oleh Tubagus Al Mustofa Bakri.

4. Masjid Agung Harakatul Jannah

Saat kalian berkunjung ke wilayah puncak, kalian bisa mendapati masjid ini di sana. Desain bangunannya sangat mencolok, jadi kalian tidak akan salah.

Masjid ini menggunakan kubah tembaga berukuran besar menyerupai bangunan kubah Taj Mahal di India, letaknya berada di sisi tengah bangunan dan menjadi kubah utama di antara kubah lainnya yang berukuran kecil. Selain itu juga, tempat ini menampilkan gaya rumah adat yang berasal dari Minang di bagian gerbangnya.

Baca Juga: Apakah Benar Bansos Alokasi Bulan Mei Juni Sudah Cair? Inilah Faktanya Setelah di Cek Melalui Aplikasi SIKS-NG

5. Masjid Jami Al Barokah

Tempat ini berlokasi di jalan Raya Cikaret kelurahan Harapan Jaya di Kecamatan Cibinong, kabupaten Bogor.

Masjid ini sudah berusia 1 abad dengan kemegahan yang menakjubkan saat kita memasuki area di dalamnya, yaitu terdapat lukisan langit dan awan biru di dinding kubahnya.

6. Masjid Raya Bogor

Masjid ini dibangun pada tahun 1970, kemudian dilakukan revitalisasi total yang membuatnya kini memiliki satu kubah besar yang di apit oleh dua kubah kecil. Kubah kecil tersebut menggantikan atap masjid yang sebelumnya bergaya limasan dua tumpang.

7. Masjid Jami Biru Atthohirin

Tempatnya terletak di jalan Raya Bogor-Sukabumi kecamatan Ciawi, kabupaten Bogor ini mengambil desain bangunan masjid yang ada di Maroko.

Masjid ini didominasi dengan warna biru, lantainya berlapis marmer dan terbagi menjadi dua tingkat di mana tingkat atasnya dibuat melingkari bangunan dengan lampu hias yang terlihat mewah di tengahnya dan karpetnya yang khusus didatangkan langsung dari Mekah.

Itulah daftar 7 wisata masjid yang wajib banget kalian datangi saat ke Bogor, jangan lewatkan untuk ke sana ya. Semoga bermanfaat.***


Sumber: https://www.ayobogor.com/berita-bogor/3112611881/rekomendasi-7-tempat-wisata-religi-yang-wajib-kalian-kunjungi-di-bogor-nomor-7-tidak-boleh-dilewatkan?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
religions Islam,
parties PAN,
topics Bantuan Sosial,
fasums Stasiun Bogor,
products BLT, sembako,
nations India, Maroko,
places BANTEN, JAWA BARAT,
cities Bogor, Cirebon, Mekah, Pulo, Sukabumi,