Bertekad Wujudkan Kemandirian Ekonomi, BSI dan Ratusan Pesantren Teken MoU

  • 08 Mei 2024 04:25:12
  • Views: 5

KENDAL, suaramerdeka.com - Sebagai komitmen untuk turut mendukung pertumbuhan perekonomian kalangan pesantren, Bank Syariah Indonesia (BSI) meneken kerja sama dengan ratusan pesantren se-Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama itu beberapa di antaranya dilakukan di ajang Silaturahmi Nasional dan Halalbihalal Asparagus Nasional 14 yang digelar di Pondok Pesantren Al-Musthofa Desa Pandes, Kecamatan Cepiring, Senin (6 Mei 2024) malam.

Dalam sambutannya, Regional CEO BSI Ficko Hardowiseto menyampaikan, BSI dan Asosiasi Para Lora dan Gus (Asparagus) akan selalu mendukung kerja sama dan kolaborasi dalam menumbuhkan ekosistem perekonomian pesantren.

Baca Juga: Intip Para Pemenang 60th Baeksang Arts Awards, Kim Soo Hyun Sabet Special Awards, Lee Do Hyun Raih Best New Actor

"Cabang-cabang kami dengan siap menjalin kerja sama dengan pesantren yang ada di wilayah masing-masing untuk selalu bergandengan tangan dalam pelayanan transaksi dan ekosistem pesantren. BSI secara khusus juga telah memiliki kartu santri sebagai sarana bagi para santri untuk melakukan berbagai transaksi setiap hari," ujarnya.

Menurutnya, sejak awal, salah satu yang dia yakini bahwa NU adalah wajah umat dan Asparagus adalah salah satunya.

"Karena itu, BSI merasa terhormat dan berbahagia apabila dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pesantren yang hingga kini totalnya sudah mencapai sekitar 300 pesantren," paparnya.

Baca Juga: Sudah Berkomunikasi dengan Tokoh-Tokoh Politik, Thomas Suyanto Mantap Nyalon Wali Kota Salatiga

Ficko juga mengatakan, banyak program yang telah diciptakan BSI dalam ekosistem islami di kalangan pesantren. Salah satunya adalah menjadikan pesantren sebagai agen BSI.

Dalam program tersebut, beberapa santri diberi pelatihan untuk melayani berbagai transaksi perbankan, sehingga berbagai kebutuhan transaksi di kalangan pesantren akan degan mudah diatasi.

"Dari setiap transaksi ini, pihak pesantren mendapatkan fee. Jadi, semakin banyak transaksi yang dilakukan maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapat pesantren," jelasnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari para gus, Gus Eko menyatakan kesiapannya untuk terus bersinergi dengan satu-satunya bank syariah terbesar itu.

Baca Juga: Daftar Top Skor Proliga 2024 Hari Ini, Megawati Hangestri Berpeluang Tembus 5 Besar

Menurutnya, sinergi sangat bagus dan menguntungkan, baik bagi pesantren maupun pihak bank.

"Karena itu, kami para gus dan lora yang tergabung dalam Asparagus ini siap untuk mendukung dan meningkatkan upaya menciptakan ekosistem ekonomi islami yang dirintis BSI ini dengan harapan, semoga ke depan semakin banyak pesantren yang terlibat sehingga kemandirian ekonomi pesantren akan terwujud," pungkasnya. ***


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/0412612562/bertekad-wujudkan-kemandirian-ekonomi-bsi-dan-ratusan-pesantren-teken-mou?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Megawati Soekarnoputri,
bumns BSI,
organizations NU,
products Syariah,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Kendal, Salatiga,