Rusia Tangkap 2 Warga AS, Salah Satunya Tentara Aktif

  • 08 Mei 2024 01:53:57
  • Views: 8

MOSKOW, iNews.id - Rusia menangkap dua warga negara Amerika Serikat (AS), salah satunya tentara aktif. Mereka ditangkap dalam kasus kriminal terpisah di lokasi berbeda pula.

Seorang tentara AS ditangkap pada Senin (6/5/2024). Pengadilan Vladivostok, Timur Jauh, kemudian mendakwa pria itu dengan tuduhan pencurian. 

Baca Juga

Vladimir Putin Dilantik sebagai Presiden Rusia untuk Kelima Kali

“Sejauh yang kami tahu, ini murni kejahatan harian,” bunyi pernyataan kantor Kmenterian Dalam Negeri Rusia di Vladivostok, seperti dilaporkan kantor berita TASS. 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia juga menyampaikan hal senada, kasus tersebut tidak mengandung unsur politik serta spionase.

Baca Juga

Rusia Buru Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Pengadilan mengidentifikasi tentara tersebut sebagai Gordon Black (34) dan akan ditahan hingga 2 Juli.  Kementerian Dalam Negeri Rusia di Vladivostok menjelaskan, Black ditangkap atas laporan perempuan Rusia berusia 32 tahun. Keduanya saling mengenal sebelumnya.

Mereka bertemu di Korea Selatan. Sang tentara datang ke Vladivostok untuk mengunjungi perempuan tersebut. Pada satu titik, keduanya terlibat pertengkaran. Sang perempuan yang tak disebutkan identitasnya kemudian melaporkan Black ke polisi setempat dengan tuduhan pencurian uang. 

Baca Juga

Duh, Militer Ukraina Bakal Rekrut Penderita HIV hingga Pecandu Narkoba Perang Lawan Rusia

Polisi langsung bertindak dan menangkap Black di sebuah hotel setempat. Dia sedianya hendak kembali ke Korsel dan sudah membeli tiket, namun ditangkap sebelum pulang.

Angkatan Darat AS sudah diberi tahu soal penangkapan Black, namun belum membuat pernyataan resmi. Sementara itu seorang pejabat AS yang meminta identitasnya tak disebutkan mengatakan tentara tersebut berpangkalan di Korsel.

Satu warga AS lainnya yang ditangkap adalah William Russell Nycum yakni Selasa (7/5/2024). Dia ditahan selama 10 hari atas tuduhan hooliganisme kecil-kecilan.

Editor : Anton Suhartono


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/rusia-tangkap-2-warga-as-salah-satunya-tentara-aktif
Tokoh







Graph