Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Perjuangkan Pembuatan Produk Kuliner Khas Nusantara untuk Ekspor

  • 07 Mei 2024 22:42:06
  • Views: 6

TEMPO.CO, Solo - Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) memperjuangkan pembuatan produk kuliner Nusantara yang dapat diekspor. Indonesia sudah memulainya dengan ekspor rendang dari Sumatera Barat.  

Wakil Sekretaris Jenderal PPJI Budi Syahmenan berharap upaya PPJI tersebut mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa dibukanya kargo Garuda Indonesia yang lebih lebar sehingga pengiriman produk atau bahan bakunya bisa lebih banyak.

“Kami sudah berkali-kali menyampaikan kepada pemerintah, tolong diberi kesempatan agar bisa lebih lebar, kargo Garuda Indonesia, supaya bahan baku kita bisa dikirim lebih banyak,” ujar Budi saat digelar konferensi pers penyelenggaraan Musyawarah Nasional atau Munas PPJI 2024 di Hotel Alana Solo, Jawa Tengah, Selasa, 7 Mei 2024.

Dengan perjuangan tersebut, Budi berharap ke depan ada produk-produk kuliner jenis lainnya yang bisa diekspor seperti halnya rendang. Dia mencontohkan berbagai produk kuliner Jawa Tengah beserta produk-produk turunannya. 

“Kami terus berjuang mencari cara, seperti di BPK Haji kita mulai dari produk makanan siap saji untuk haji,” ucap dia.

Budi menyatakan PPJI juga siap memberikan sosialisasi kepada para pelaku UMKM penyelenggara jasa boga agar bisa ekspor. 

Di sisi lain, Budi yang juga sebagai Ketua Panitia Munas PPJI 2024, mengatakan, Munas akan berlangsung selama tiga hari dimulai hari ini hingga 9 Mei 2024. Kegiatan tersebut menurutnya menjadi momentum penting bagi perkembangan organisasi PPJI ke depannya dan dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi anggota PPJI, masyarakat luas, bangsa dan negara. 

Iklan

Munas PPJI 2024 yang mengusung tema "Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia" dihadiri oleh Dewan Kehormatan PPJI Ning Murniningsih, para Dewan Penaschat/Pembina, Ketua Umum PPJI Iden Gobel, Ketua DPD dari 24 provinsi dan DPC serta jajaran pengurusnya, dan para tamu undangan lainnya.

Agenda Munas PPJI 2024 ini juga menjadi ajang silaturahmi dan pesta demokrasi PPJI untuk memilih Ketua Umum PPJI Periode 2024-2029. Hadir pula pada kesempatan ini dua calon Ketua Umum PPJI Minerva Taran dengan nomor urut 01 dan Iden Gobel dengan nomor urut 02. Kedua calon umum terpilih PPJI ini telah melalui serangkaian proses seleksi.

Ketua DPD PPJI Jawa Tengah Lilik Agus Gunarto berharap Ketua Umum PPJI terpilih nantinya dapat merangkul serta menawarkan ide dan gagasan untuk memajukan PPJI ke depannya. 

"Diharapkan juga dapat mendorong potensi daerah dengan berbagai programnya serta Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia," kata Lilik.

Rangkaian kegiatan Munas dimulai dengan Welcome Dinner di Graha Saba Buana Solo dan pembukaan Munas dengan berbagai hiburan yang dipersembahkan dari PPJI dan untuk PPJI. Pada hari kedua, Rabu, 8 Mei 2024, dilaksanakan agenda utama Munas dengan pembukaan Munas Sidang pleno dan Pemilihan Ketua Umum di Hotel Alana Solo. 

Pilihan Editor: Ikan Arsik dan Mie Gomak Khas Danau Toba Jadi Incaran Wisatawan


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1865195/perkumpulan-penyelenggara-jasa-boga-perjuangkan-pembuatan-produk-kuliner-khas-nusantara-untuk-ekspor
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPK, DPD,
bumns Garuda Indonesia,
topics ekspor, haji,
fasums Danau Toba,
products rendang, UMKM,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH, SUMATERA BARAT,
cities Solo,