Ini Dua Lawan Sepadan Anies Jika Maju di Pilgub DKI Menurut Peneliti Survei

  • 07 Mei 2024 07:35:48
  • Views: 5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, apabila Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub DKI Jakarta 2024, maka hanya ada dua lawan sepadan untuknya. Keduanya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Ridwan Kamil.

"Kalau kita lihat dari data survei (terkait elektabilitas kandidat cagub DKI) yang kita lakukan beberapa bulan lalu, itu tidak jauh dari nama Ahok, Anies, dan Ridwan Kamil," kata Bawono ketika dihubungi Republika dari Jakarta, Senin (6/5/2024) malam.

Bawono menjelaskan, dari ketiga nama itu tidak ada satu pun elektabilitasnya yang melampaui 50 persen. Elektabilitas ketiganya tak beda jauh.

Anies adalah Gubernur DKI Jakarta 2017–2024 dan capres Pilpres 2024. Adapun Ahok adalah politisi PDIP dan Gubernur DKI Jakarta 2014–2017. Sementara itu, Ridwan Kamil adalah politikus Partai Golkar dan Gubernur Jawa Barat 2018–2023.

Menurut Bawono, partai politik baru akan memutuskan sosok yang akan diusung mendekati jadwal pendaftaran cagub bulan Agustus 2024. Partai-partai akan melihat apakah tiga nama itu mau maju di Pilgub DKI Jakarta, terutama Anies.

Terkait Anies, Bawono menilai mantan menteri pendidikan itu menjadi kandidat dengan elektabilitas teratas karena dia sebenarnya adalah gubernur DKI petahana. Namun, elektabilitas Anies tak unggul dominan karena ada selang waktu dua tahun antara akhir masa jabatannya dan Pilgub DKI 2024.

 

 


Sumber: https://news.republika.co.id/berita/sd36k6377/ini-dua-lawan-sepadan-anies-jika-maju-di-pilgub-dki-menurut-peneliti-survei
Tokoh







Graph