Longsor Bogor, Satu Rumah Warga Roboh dan Seorang Lansia Terluka di Bogor Selatan

  • 07 Mei 2024 02:16:52
  • Views: 4

AYOBOGOR.COM - Bencana alam longsor terjadi, satu rumah warga roboh dan seorang lansia terluka. Bencana ini terjadi di Kabupaten Bogor Selatan pada Minggu, 5 Mei 2024 kemarin.

Hujan deras yang melanda wilayah Bogor pada hari Minggu telah menyebabkan bencana longsor. Dikabarkan selain karena frekuensi hujan tinggi dan adanya gerusan sungai Cipakancilan menjadi penyebab bencana ini.

Lokasi bencana berada di daerah Bondongan Bogor Selatan Jawa Barat. Bencana longsor terjadi pada pukul enam sore lebih dua puluhan dan menyebabkan seorang warga lanjut usia mengalami luka-luka.

Baca Juga: Ini Jadwal Pencairan BPNT Tahap 4 dan PKH Tahap 3 Via KKS, untuk Wilayah 1, 2, 3 Jawa Tengah Masuk Wilayah Berapa?

Korban bernama Acih berusia tujuh lima tahun baru saja selesai melaksanakan ibadah sholat Maghrib. Ia masih berada di kamar saat peristiwa itu terjadi dan reruntuhan rumah menimpa dirinya.

Bersyukur luka yang dialami oleh Acih tergolong luka ringan yang berada di punggung akibat tertimpa bangunan rumah. Korban terdampak bencana lainnya berjumlah dua KK dengan tiga orang anggotanya termasuk Acih.

Para tetangga dan tim BPBD bergotong royong membersihkan puing-puing reruntuhan rumah. Ada juga yang membantu menyelamatkan dan mengamankan barang-barang milik para korban bencana longsor tersebut.

Saat ini para korban mengungsi di tempat majelis taklim wilayah setempat karena rumah mereka mengalami kerusakan. Akhir-akhir ini wilayah Bogor memang sedang dilanda cuaca ekstrim salah satunya adalah hujan lebat.

Baca Juga: Cek Saldo Bansos BPNT Tahap 4, PKH Tahap 3 dan BLT MRP Hari Ini 6 Mei 2024, Buktikan Apa Benar Sudah Masuk di KKS Bank Himbara

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor susulan, tim BPBD Bogor dan BPSDA provinsi Jawa Barat saling berkoordinasi membentuk konstruksi bangunan TPT di tempat bencana.

Para warga di kawasan Bogor dan sekitarnya juga diperingatkan untuk bersiap menghadapi bencana oleh BPBD. Hal ini sehubungan dengan cuaca yang ekstrim yang melanda Bogor dan sekitarnya.

Semoga anomali cuaca ekstrim ini tidak berlangsung lama dan segera kembali normal. Pada masyarakat lainnya juga dihimbau untuk selalu waspada mengingat perubahan cuaca sering terjadi tiba-tiba.***


Sumber: https://www.ayobogor.com/berita-bogor/3112603392/longsor-bogor-satu-rumah-warga-roboh-dan-seorang-lansia-terluka-di-bogor-selatan?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Bank Himbara,
ministries BPBD,
bumns Himbara,
topics Bantuan Sosial, longsor,
products BLT,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Bogor,