Kamboja Dituding Bangun Pangkalan Militer Untuk China

  • 13 Juni 2022 12:06:05
  • Views: 12

Indonesiainside.id, Jakarta – Kamboja dan China buru-buru membantah tuduhan Australia bahwa mereka sedang membangun fasilitas angkatan laut rahasia untuk armada China.

The Washington Post, mengutip pejabat barat yang tidak disebutkan namanya, mengatakan sebuah fasilitas baru di pangkalan Ream Kamboja – berlokasi strategis di Teluk Thailand – sedang dibangun untuk penggunaan “eksklusif angkatan laut China .

Keberadaan pangkalan militer itu telah menjadi hal yang menyakitkan dalam hubungan AS-Kamboja selama bertahun-tahun. Amerika sudah lama mencurigai bahwa pangkalan itu akan diubah untuk digunakan oleh China yang berusaha memperbesar pengaruh internasionalnya dengan jaringan pangkalan militer.

Wakil Perdana Menteri Kamboja, Prak Sokhonn, menolak laporan itu sebagai “tuduhan tidak berdasar dalam panggilan telepon dengan menteri luar negeri Australia, Penny Wong.

Sebelumnya, seorang juru bicara Kamboja membatah dan mengatakan pembangunan pangkalan itu bukan hal yang dirahasiakan.

“Kamboja tidak akan mengizinkan militer China untuk menggunakannya secara eksklusif atau mengembangkan situs tersebut sebagai pangkalan militernya, kata juru bicara pemerintah Phay Siphan kepada AFP.

Namun perdana menteri baru Australia, Anthony Albanese, yang baru saja berkunjung ke Indonesia untuk memperkuat hubungan diplomatik melawan pengaruh China di kawasan itu, menyebut laporan itu “mengkhawatirkan.

“Kami mendorong Beijing untuk transparan tentang niatnya dan untuk memastikan bahwa kegiatannya mendukung keamanan dan stabilitas regional, katanya, seraya menambahkan Kamboja telah meyakinkan Canberra bahwa tidak ada militer asing yang akan diberikan akses eksklusif ke pangkalan Ream.

Australia juga semakin khawatir tentang pengaruh Beijing yang semakin besar di kawasan Pasifik.

Draf yang bocor dari pakta Kepulauan Solomon-China pada bulan April menimbulkan kekhawatiran bahwa itu akan memungkinkan pengerahan angkatan laut China ke negara kepulauan Pasifik itu – kurang dari 2.000 km (1.200 mil) dari Australia.(Nto)

 


https://indonesiainside.id/headline/2022/06/08/kamboja-dituding-bangun-pangkalan-militer-untuk-china

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/06/08/kamboja-dituding-bangun-pangkalan-militer-untuk-china
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
nations Amerika Serikat, Australia, Indonesia, Kamboja, Republik Rakyat Cina, Solomon, Thailand,
places DKI Jakarta,
cities Beijing, Canberra, Washington,
musicclubs APRIL,